free statistics Kelebihan SSD (Solid State Drive) dibandingkan HDD (Hard Disk Drive) Pada Komputer - gabPOP

Kelebihan SSD (Solid State Drive) dibandingkan HDD (Hard Disk Drive) Pada Komputer

Hardware SSD (Solid State Drive) telah menjadi bagian penting dalam dunia komputer. Dibandingkan dengan HDD (Hard Disk Drive) terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh SSD. Apa saja kelebihan SSD tersebut, selamat menelusuri.

Kelebihan SSD dibandingkan HDD

SSD vs HDD

Waktu Booting Komputer Lebih Cepat
Hal utama yang dapat dilihat dari komputer dengan SSD adalah waktu booting, dari diam menjadi nyala, dapat memangkas waktu hingga 10 kali lebih cepat dibanding HDD.

Eksekusi Aplikasi Nyaris Instan
Perhatikan ketika mengklik program. Terdapat jeda waktu sebelum aplikasi program berjalan. Pada HDD membutuhkan waktu lama. Terlebih pada HDD yang berkapasitas lebih besar, maka akan membutuhkan waktu yang semakin lama; terlebih bila sudah sejak lama OS (Operating System) terinstal, akan banyak file-file program yang bertumpang-tindih di dalam hard disk. SSD tampil dengan kemampuan mengeksekusi aplikasi dengan jauh lebih cepat.

Pencarian File Berlangsung Cepat
Fasilitas indexing membantu pencarian data menjadi lebih cepat. Bila menggunakan SSD, maka dapat dipastikan pencarian data akan menjadi sangat cepat, bahkan instan. Begitu diketik pencarian dan tekan search, maka file yang dicari segera terlihat.

Loading Game Bertambah Sangat Cepat
Game-game yang hadir saat ini membutuhkan waktu loading yang lama. Sebabnya karena kapasitas data yang dibaca dan diproses sangatlah besar. SSD hadir untuk mengatasi kendala waktu loading game. Bahkan bukan hanya waktu loading ketika pertama kali game dinyalakan. Sepanjang permainan game akan menjadi lebih menyenangkan, karena tidak ada lompatan frame gambar seperti biasanya ketika memakai HDD. Dengan SSD, tampilan menjadi semakin ‘mulus’ dan mampu meningkatkan tampilan fps (frame per second).

Tidak Berisik
SSD tidak memiliki komponen yang bergerak dan berputar, SSD sepenuhnya berupa komponen elektronik statis. Berbeda dengan HDD yang memiliki komponen bergerak, diantaranya cakram data, kumparan penggerak dan juga actuator arm. Bahkan tidak salah bila dikatakan SSD tidak bersuara sama sekali.

Transfer Data Berlipat Cepat
Dengan tidak adanya komponen yang bergerak, aktivitas mentransfer data akan berlangsung cepat bahkan hingga berkali lipat. Terlebih bila transfer data dilakukan antara hardware SSD ke SSD, maka akan terlihat perbedaan yang signifikan dibandingkan transfer data melibatkan HDD. Kemampuan transfer ini sering ditonjolkan pada kemasan SSD. Saat ini kecepatan standar transfer SSD sebesar 550MB/s (Mega Bytes [bukan bits] untuk setiap Detiknya).

Hemat Konsumsi Daya Listrik
Varian SSD sangat banyak, namun dapat dipastikan dari segi konsumsi daya listrik, SSD membutuhkan daya yang jauh lebih sedikit dibandingkan HDD. Sehingga pada penggunaan komputer berupa laptop atau tablet, akan menghemat baterai secara signifikan.

Lebih Ringan
SSD memiliki ukuran fisik yang lebih ramping dibandingkan HDD. Bahkan bila SSD berukuran fisik sama dengan HDD, bobot yang dimiliki SSD sangatlah ringan. Untuk saat ini, ukuran standar SSD adalah sekecil hard disk laptop, dengan tebal 7mm atau 9mm.

Lebih Dingin
Gerakan komponen dalam HDD akan menyebabkan gesekan, yang selanjutnya berakibat munculnya panas. Karena pada SSD tidak ada komponen yang saling bergesekan, maka panas yang ditimbulkan SSD jauh lebih sedikit, sehingga hasilnya komputer menjadi lebih dingin.

Tahan Goncangan
Alasan utama berupa komponen yang bergerak menyebabkan HDD menjadi rentan rusak. Bila cakram (platter) dalam HDD tergores, maka dapat dipastikan terjadi kerusakan (bad sector). Kerusakan ini biasanya terjadi karena jarum penggerak (arm actuator) mengalami guncangan kuat atau sangat mendadak, sehingga menyebabkan cakram tergores. SSD aman tanpa komponen bergerak, sehingga tahan terhadap goncangan. Sehingga sangat cocok untuk aktivitas mobile.

Setelah sekian banyak kelebihan SSD, maka perlu kita ketahui apakah kekurangan SSD? Sebenarnya hanya satu saja kekurangan SSD: Harga.

Harga SSD Lebih Mahal Dibandingkan HDD
Bila dibandingkan ukuran kapasitas yang sama antara SSD dengan HDD, maka dapat dipastikan SSD akan jauh lebih mahal. Jika saat ini standar ukuran HDD pada sebuah laptop adalah 500GB, maka dengan harga tersebut hard disk berkapasitas 500GB hanya senilai SSD berkapasitas 60GB atau 64GB bahkan hanya sebanding dengan kapasitas 32GB saja.

SSD berkapasitas besar 2TB dari Sandisk

SSD Sandisk 2TB (amazon)

SS berkapasitas 2 TB telah beredar, sehingga  pilihan SSD atau HDD hanya terletak pada masalah ketersediaan dana. Nah, dari sejumlah kelebihan SSD dibandingkan HDD, apakah kawan gabpop.com berminat untuk menggunakannya? 🙂

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply