free statistics Manfaat Tanaman Andong Sebagai Obat Berbagai Penyakit

Manfaat Tanaman Andong Sebagai Obat Berbagai Penyakit

Manfaat Tanaman Andong Sebagai Obat Berbagai Penyakit

Manfaat Tanaman Andong Sebagai Obat Berbagai Penyakit – Tanaman andong merupakan salah satu tanaman yang ditanam di taman maupun di kebun-kebun sebagai tanaman pagar. Tanaman ini berasal dari Asia Timur, termasuk di Indonesia. Tanaman andong memiliki nama ilmiah Cordyline fruticosa (L.) A. Cheval.

Ciri-ciri umum dari tanaman andong memiliki ranting dengan bekas daun rontok yang berbentuk cincin. Tanaman andong merupakan tanaman perdu bercabang dengan tinggi 2 sampai 4 meter. Daunnya tumbuh di ujung ranting, berjejal dengan susunan spiral. Tangkai daunnya berbentuk seperti talang. Daunnya berbentuk garis atau lanset dengan panjang 1 sampai 13 sentimeter. Bagian pangkalnya berbentuk baji, bagian ujung runcing dan berwarna hijau, merah atau belang-belang. Tanaman andong memiliki berbagai rasa, ada yang rasanya manis, tawar dan ada yang bersifat sejuk.

Manfaat tanaman andong banyak sekali, antara lain sebagai penyejuk darah, menghentikan pendarahan dan menghancurkan darah beku pada saat terjadi memar. Hal ini dapat dilakukan oleh tanaman andong karena di dalam tanaman andong terdapat kandungan kimia, seperti saponin, tanin, flavonoid, polifenol, stereoida, polisakarida, kalsium oksalat dan zat besi.

Kebanyakan bagian yang dimanfaatkan dari tanaman andong adalah bagian bunga, daun dan akar rimpangnya. Manfaat tanaman andong diambil dari daunnya berkhasiat sebagai obat untuk menghentikan pendarahan (hemostatik), antiradang, TB paru disertai batuk darah, keluar bercak darah sewaktu hamil (kemungkinan keguguran), darah haid keluar sangat banyak, urine berdarah (hematuria), wasir berdarah, luka berdarah, diare, disentri, nyeri lambung dan ulu hati. Kebanyakan orang-orang dahulu menggunakan daun andong untuk obat batuk yang disertai darah serta obat untuk haid yang keluarnya terlalu banyak.

Cara pemakaian untuk obat yang diminum :

– Rebus daun andong (15-30 g), bunga kering (9-15 g) atau akar (6-10 g).

Cara pemakaian untuk obat luar :

– Cuci daun andong yang masih segar secukupnya, kemudian di potong-potong dan ditambah kira-kira 1 g garam.

– Giling sampai halus dan lumat, kemudian tempelkan pada luka dan segera dibalut.

Cara pengobatan dari manfaat tanaman andong :

  • Untuk mengobati Urine berdarah, batuk darah dan haid yang terlalu banyak.

– Rebus daun andong segar (60-100 g) atau akar andong yang kering (30-60 g) dengan tiga gelas air hingga tersisa 1 gelas.

– Setelah dingin saring dan dibagi dua sama banyak, diminum buat pagi dan sore hari.

  • Untuk mengobati diare atau disentri.

– Rebus daun andong segar (60-100 g) atau bunga andong kering (10-15 g) dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas.

– Setelah dingin kemudian saring dan ditaruh kedalam tiga gelas, untuk diminum pagi, siang dan malam hari.

  • Untuk mengobati wasir.

– Cuci daun andong tiga helai dan daun wungu tujuh helai yang masih segar, kemudian potong-potong dan rebus dengan tiga gelas air sampai mendidih hingga tersisa cuma satu gelas.

– Setelah dingin kemudian saring dan diminum. Lakukan setiap hari sampai sakitnya hilang.

  • Untuk mengobati sengatan binatang berbisa.

– Giling sampai halus daun andong segar, lalu panaskan diatas api, selagi masih hangat kemudian urapkan pada bagian tubuh yang tersengat dan dibalut.

– Ganti gilingan daun andong dan balutan 2-3 kali sehari.

  • Untuk mengobati radang gusi.

– Kikis kulit kayu andong secukupnya.

– Tambahkan garam sedikit sambil diaduk sampai rata, kemudian oleskan pada bagian gusi yang meradang.

Demikian beberapa manfaat tanaman andong yang berkhasiat bagi tubuh kita sebagai obat yang mujarab. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply