free statistics Manfaat Tanaman Seledri untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tanaman Seledri untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tanaman Seledri untuk Kesehatan Tubuh

 

Manfaat Tanaman Seledri untuk Kesehatan Tubuh – Seledri merupakan tanaman yang sekaligus sebagai sayuran dan biasanya digunakan sebagai bumbu dapur. Sebagian negara-negara di Asia seperti Korea, Jepang dan Cina memanfaatkan bagian tangkai daun seledri untuk bahan makanan.

Tanaman seledri memiliki nama ilmiah Apium graveolens yang merupakan jenis tumbuhan yang memiliki batang lunak dan berukuran kecil dengan panjang batang kurang dari 1 meter. Bagian daunnya tersusun majemuk dengan tangkai yang panjang.

Ada beberapa jenis seledri yang dibudidayakan untuk dimakan seperti seledri umbi, seledri tangkai dan seledri daun. Seledri umbi biasa digunakan dalam sup ataupun semur dan kaya akan provitamin A dan provitamin K. Seledri tangkai biasanya dimanfaatkan untuk campuran salad, sedangkan seledri daun banyak dimanfaatkan daunnya sebagai masakan.

Selain sebagai sayuran, seledri juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Di dalam tanaman seledri terdapat banyak kandungan nutrisi serta gizi seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi dan lain-lain. Di samping itu juga terdapat banyak senyawa seperti butilftalida, butilidftalida, flavonoid (graveobiosid A, B dan fenol), apiin, isokuersitrin, furanokumarin, isoimperatorin, asam petroselin dan steroid (stigmasterol dan sitosterol).

Manfaat tanaman seledri sangat banyak, akar seledri dapat bermanfaat untuk memacu enzim pencernaan serta peluruh kencing atau diuretik, bagian biji atau buah berkhasiat untuk meredakan kejang atau antipasmodik, menurunkan kadar asam urat darah, peluruh kentut atau karminatif, peluruh kencing, penenang atau sedatif, antirematik dan afrodisiak.

Berikut beberapa manfaat tanaman seledri sebagai obat untuk kesehatan tubuh.

  • Manfaat daun seledri dapat mengobati rematik.

Cara meramunya : Siapkan daun seledri sebanyak 35 lembar, cuci dan siram dengan air hangat atau panas, dimakan (bisa dengan langsung memakan atau dibuat lalapan), lakukan hal tersebut 2 kali sehari.

  • Manfaat tanaman seledri dapat menurunkan tekanan darah.

Cara meramunya : Siapkan seluruh bagian daun seledri sebanyak 100 gram, cuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus, campurkan dengan 1 cangkir air hangat, lalu disaring dan didinginkan, bagi menjadi dua bagian dan minum 2 kali sehari.

  • Manfaat tanaman seledri dapat meredakan batuk.

Cara meramunya : Cuci 30 gram seledri segar, lalu potong-potong. Rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Bila suka, tambahkan madu. Gunakan ramuan ini untuk dua kali minum, pagi dan sore.

  • Manfaat batang seledri mampu mengatasi alergi.

Cara meramunya : Ambil 2 batang seledri, 3 buah wortel ukuran sedang, dan 1 buah umbi bit ukuran sedang, cuci bersih, lalu dijus. Minum jus tersebut sekaligus waktu perut kosong. Lakukan dua kali sehari.

  • Manfaat daun dan batang seledri mampu menyuburkan rambut.

Cara meramunya : Cuci 7-10 tangkai daun seledri sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Setelah dikeramas, gosokkan tumbukan daun seledri ke kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat ringan. Setelah selesai, bungkus rambut dengan handuk selama kurang lebih 1 jam. Bilas rambut dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali.

  • Manfaat daun seledri dapat mengatasi mata kering.

Cara meramunya : Makan daun seledri sebagai lalap segar. Lakukan setiap hari. Atau cuci sampai bersih daun seledri, daun bayam dan daun kelor masing-masing 1/3 genggam, lalu giling sampai halus. Tambahkan garam dapur seujung sendok teh dan ¾ cangkir air masak. Remas campuran ini sampai rata, kemudian peras dan saring. Minum air perasannya sekaligus, lakukan 3 kali sehari.

  • Manfaat tanaman seledri untuk mengobati bronkitis.

Cara meramunya : Cuci 60 gram seledri segar, 10 gram kulit jeruk mandarin kering, dan 25 gram gula aren hingga bersih. Setelah dipotong-potong, masukkan ke dalam panci email, tambahkan 3 gelas air bersih dan rebus hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, saring dan airnya dibagi untuk dua kali minum, pagi dan sore.

  • Manfaat tanaman seledri mampu mengurangi sakit perut dan kolik.

Cara meramunya : Sediakan 60 gram seledri segar, 1 ruas jari tangan jahe merah, dan sepotong gula aren. Rebus dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring, airnya diminum sekaligus.

  • Manfaat akar seledri mampu menurunkan kolesterol.

Cara meramunya : Cuci 30 gram akar seledri sampai bersih, lalu rebus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Airnya diminum sekaligus.

Demikian informasi berbagai manfaat dari tanaman seledri yang dapat dipakai dalam pengobatan untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat untuk Anda.

1 Comment
  1. Reply
    badul karim 19 Januari 2015 at 13:09

    syukur allhamdulillah imformasi ttg ke gunaan/fungsi daun seladry.
    setalah aq coba memang mujarab..Tq.

Leave a reply