free statistics Profil Lengkap Pelatih Vicente Del Bosque Gonzales | Biografi

Profil Lengkap Pelatih Vicente Del Bosque Gonzales | Biografi

Profil pelatih timnas Spanyol

Profil Lengkap Vicente Del Bosque Gonzales

Profil Lengkap Pelatih – Vicente del Bosque Gonz├ílez merupakan mantan pesepakbola asal Spanyol yang saat ini menjadi pelatih tim nasional Spanyol.

Sebagian besar karier kepelatihannya dihabiskan di Real Madrid. Del Bosque juga dinobatkan sebagai pelatih paling sukses dalam sejarah klub ibukota Spanyol tersebut. Dia melatih Spanyol di arena Piala Dunia 2010 sekaligus berhasil membawa tropi Piala Dunia untuk Spanyol.

  • Nama Lengkap: Vicente Del Bosque Gonzales
  • Tempat, Tanggal Lahir: Salamanca Spanyol, 23 Desember 1950
  • Usia : 61 tahun
  • Saat Ini Melatih: Timnas Spanyol

Perjalanan Karir Vicente Del Bosque Gonzales

Dalam sejarah karirnya, pertama kali del Bosque bermain bola pada tahun 1966 di jajaran Club Deportivo Salmantino klub dibawah asuhan Union Deportiva Salamanca, di mana ia berposisi sebagai gelandang dengan torehan 17 gol selama memperkuat tim tersebut.

Setahun kemudian, ia memulai karir profesionalnya bersama klub yang berada dibawah asuhan klub besar Spanyol Real Madrid, Real Madrid Castilla merekrutnya. Bersama Castilla, ia terus bergabung sejak 1968-1970. Lalu dalam rentan 3 tahun berikutnya, del Bosque selalu pindah-pindah klub dari Castellon, Cordoba CF hingga kembali ke Cordoba CF lagi.

Barulah puncak karir pemain del Bosque terjadi pada tahun 1973 saat impiannya bermain bersama tim utama Real Madrid terwujud dimana Akhirnya, Los Blancos menyadari kemampuan del Bosque sehingga mereka meminangnya. Selama 11 musim ia bergabung bersama Real Madrid hingga tahun 1984. Bersama Madrid, del Bosque berhasil mencicipi beberapa gelar bergengsi diantaranya 5 kali gelar juara La Liga serta 1 gelar Copa del Rey. Namun, penampilan apiknya bersama Real Madrid tidak berpengaru besar terhadap timnas Spanyol. Dalam karirnya bersama Spanyol, del Bosque hanya 18 kali membela negaranya serta baru mencicipi sekali bermain di turnamen besar yakni Piala Eropa 1980.

Memutuskan pensiun sebagai pemain, ia kembali mengabdi kepada Real Madrid namun untuk menjadi pelatih tim muda, yaitu Real Madrid Castilla. Debut pertamanya sebagai pelatih profesional terjadi pada tahun 1987 di divisi 2 Liga Spanyol.

Pada Maret 1994, ia diangkat dan dipercaya sebagai pelatih dari tim utama Real Madrid menyusul pemecatan pelatih Benito Floro. Ia hanya menjabat beberapa bulan, sebelum kemudian dikembalikan ke Castilla. Namun uniknya, Dengan cara yang sama ditahun 1996, pemecatan pelatih Jorge Valdano, mau tak mau Madrid kembali memanggil del Bosque.

Barulah pada musim 1999/2000, tempat pelatih utama dipercayakan sepenuhnya kepada del Bosque. Madrid pun memutuskan tak akan merobak-rombak kursi kepelatihan mereka lagi untuk sepenuhnya dilimpahkan kepada del Bosque. Benar saja, dibawah asuhannya disertai era Los Galaticos dengan rentetan pemain bintangnya macam Luis Figo, Zinedine Zidane, Ronaldo, Roberto Carlos, Madrid menjelma sebagai klub paling sukses di Eropa dengan torehan banyak gelar. Pada empat musimnya bersama Madrid, del Bosque telah mempersembahkan dua gelar Piala Champions (tahun 2000 dan 2001), dua gelar La Liga (2001 dan 2003), serta gelar lainnya seperti Copa del Rey, Piala Super Eropa, dan Piala Intercontinental.

Akan tetapi menjelang musim 2003/2004, del Bosque diiringi meredup dan ditinggalkan bintangnya di era Los Galaticos jilid I, Madrid tak mampu mempertahankan eksistensinya meski muncul era Los Galaticos jilid II. Ia pun akhirnya memutuskan untuk pergi dan tak lagi menangani tim utama Real Madrid.

Lalu untuk mengisi kekosongan kesibukannya, pada musim 2004/2005 ia sempat melatih Besiktas, Turki selama satu musim. Dan sempat dipekerjakan oleh klub Cadiz FC di tahun 2007 selama satu musim juga.

Setelah itu, pada Tim Matador yang baru saja sukses menggondol gelar bergengsi Piala Eropa 2008, diumumkan tak lagi diperkuat oleh pelatih yang sangat berjasa mengantarkan Spanyol meraih gelar tersebut, Luis Aragones. Saat itu, Spanyol sebenarnya ingin mempertahankan Aragones sebagai pelatih. Tapi pelatih yang sudah berumur itu memutuskan untuk meninggalkan Spanyol karena satu dua hal alasan.

Lantas sepeninggal Aragones, pada juli 2008 Spanyol mengumumkan pengangkatan del Bosque sebagai Pelatih kepala Spanyol menggantikan Aragones. Memulai debutnya dengan rentetan kemenangan disertai permainan tim yang menjanjikan ditahun-tahun berikutnya, hingga akhirnya ia mengantarkan Spanyol lolos ke Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Mereka pun Juara grup dengan memenangkan semua pertandingan di fase kualifikasi, lolos keperempat final, semi final dan mengalahkan secara dramatis Belanda di laga Final. Dan Spanyol mampu mengawinkan gelar piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010 dan menyamai pencapaian Perancis (piala dunia 1998 dan piala eropa 2000) ketika itu.

Dan baru-baru ini, Penampian timnas Spanyol betul-betul luar biasa dan disertai banyak gelar bergengsi selama jenjang waktu 2010-2012, Spanyol menjadi kandidat kuat peraih Piala Eropa 2012 lalu. Benar saja, del Bosque kembali mampu mengantarkan Spanyol merajai Eropa dengan gelar Piala Eropa 2012.

Raihan Prestasi Vicente Del Bosque Gonzales

Penghargaan Kepelatihan

Real Madrid

  • La Liga : 2000-01, 2002-03
  • Piala Super Spanyol : 2001
  • Liga Champions UEFA : 1999-2000, 2001-02
  • Piala Super Eropa : 2002
  • Piala Interkontinental : 2002

Timnas Spanyol

  • Piala Dunia : 2010
  • Piala Eropa : 2012
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply