free statistics Tips Kesehatan - Jangan Tidur Setelah sahur - gabPOP

Tips Kesehatan – Jangan Tidur Setelah sahur

jangan tidur habis makan - ngantuk ketika sahur di meja makan

Ilustrasi mengantuk ketika makan

Awalnya susah bangun tidur untuk makan sahur, selanjutnya setelah makan sahur, ingin tidur lagi. Padahal tidur kembali setelah shalat subuh sehabis makan sahur sangat tidak baik dari sisi kesehatan.

Mengapa tidur setelah sahur dihindari?
Tidur setelah sahur harus dihindari. Dari sisi kesehatan, makanan baru turun dari lambung ke usus halus dalam waktu 6-8 jam. Akibatnya, tidur setelah makan sahur akan mengakibatkan gangguan pencernaan.

Kapan waktu aman untuk tidur?
Jika terpaksa akan tidur setelah subuh, upayakan dalam jeda waktu 2 jam setelah makan, atau paling cepat setelah matahari terbit, waktu dhuha.

Apa efeknya bila langsung tidur setelah subuh?
Makanan yang dikonsumsi akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti batuk, mulas, mual, panas dalam kerongkongan, juga bau mulut menyengat. Hal ini terjadi karena makanan belum sepenuhnya dicerna oleh lambung. Bahkan sangat mungkin makanan masih belum masuk ke lambung dengan sempurna, sehingga ketika kembali tidur, makanan dapat berbalik lagi ke atas menuju kerongkongan. Bahkan dapat muntah dan batuk-batuk.

Kalau sudah sangat ngantuk?
Jika terpaksa akan tidur setelah sahur akibat aktivitas berat atau melekan semalaman, boleh saja tidur, tentunya setelah shalat subuh. Saat tubuh berebah di pembaringan, posisikan kepala lebih tinggi dari tubuh. Caranya dengan menggunakan bantal atau alas tidur yang tebal. Jika kurang dari 2 jam setelah makan, upayakan tidur dalam kondisi tidak berbaring, tapi setengah duduk.

.

Jika tidur setelah waktu subuh tidak baik bagi kesehatan, maka tentu saja tidur setelah makan sahur juga tidak baik bagi kesehatan. Semoga tips ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan di bulan Ramadhan penuh berkah.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply