free statistics Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas yang Baik

Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas yang Baik

Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas – Ingin punya mobil atau butuh mobil untuk keperluan yang mendadak tetapi dana yang dimiliki sangat terbatas, solusinya adalah dengan membeli mobil bekas. Kalau hanya sekedar keperluan yang mendadak, bisa saja kita menyewa mobil yang ada di tempat penyewaan mobil terdekat tetapi kalau keperluannya untuk jangka waktu yang lama, tentu saja kita harus membeli kendaraan dan solusinya itu tadi jika dalam kondisi minim dana.

Selain solusi membeli kendaraan bekas tersebut, perlu juga kita membutuhkan ketelitian serta kehati-hatian dalam membeli mobil bekas karena jaman sekarang ini telah banyak beredar mobil bekas yang dijual yang dilengkapi dengan surat kendaraan palsu, kadangkala ada beberapa sparepart yang tidak lengkap atau telah dimodifikasi, bisa di dalam maupun di bagian luar kendaraan. Selain itu, yang membuat pembeli merasa tergoda meskipun kelengkapannya palsu adalah dari segi harga yang ditawarkan penjual, kebanyakan penjual menawarkan harga yang sangat murah untuk kendaraan yang memiliki surat kendaraan palsu sehingga pembeli pun merasa tertarik tanpa mengetahui bahwa surat kendaraan yang ada merupakan surat kendaraan palsu.

Agar mendapatkan mobil yang diinginkan, berikut ini beberapa informasi mengenai tips memilih dan membeli mobil bekas :

  • Sebelum membeli mobil bekas, terlebih dahulu cek kondisi fisik kendaraan yang akan kita beli. Apakah terlihat ada yang cacat atau tidak, kalau ada yang cacat pada bagian cat itu pun sudah sewajarnya tapi kalau mengecek pada mesinnya kita harus mengetahui dari suara mesinnya.
  • Sebelum membeli, perhatikan bentuk huruf yang ada di STKNK maupun di BPKB. Bila kondisinya tidak biasa atau agak buram, kita perlu mencurigai. Kita bisa meminta foto copy semua kelengkapan dokumen untuk dicek di polda setempat.
  • Sebelum membeli, cocokkanlah nomor rangka dan nomor mesin kendaraan dengan nomor mesin dan nomor rangka yang ada di STNK maupun yang ada di BPKB.
  • Mengenai kondisi fisik kendaraan dan sebelum membeli, cek kondisinya terlebih dahulu di samsat terdekat.
  • Perhatikan dengan teliti semua informasi mengenai identitas mobil dan nomor BPKB serta nomor registrasi polda yang tercatat di BPKB kendaraan yang akan kita beli.
  • Perhatikan dan teliti juga mengenai lembar pajak kendaraan, jika sudah rutin terbayar maka akan terlihat tanggal maupun jam secara detail beserta dengan jumlah pajak yang terbayar. Di samping itu juga pada lembar pajak kendaraan tertera validasi dari samsat.
  • Perhatikan dan teliti STNK kendaraan, apakah terlihat nomer, tanggal pengesahan dan tanda tangan pejabat polisi di STNK, karena biasanya pada nomer STNK dengan tahun pengesahan STNK nomornya sama.

Demikian beberapa tips mengenai memilih dan membeli mobil bekas, semoga dapat bermanfaat untuk anda dalam membeli kendaraan bekas.

Silahkan simak juga berbagai macam informasi yang terangkum dalam situs kami.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply