free statistics Tips Online - Jadwal Bayar Tagihan Speedy dan Cara Mengatasi Denda Pembayaran Telepon - gabPOP

Tips Online – Jadwal Bayar Tagihan Speedy dan Cara Mengatasi Denda Pembayaran Telepon

Layanan Telkom Speedy Postpaid yang di bundling dengan layanan Telepon, tagihannya akan digabung menjadi satu. Hal ini menjadi praktis, karena saat membayar, cukup menyodorkan nomor telepon saja, maka tagihan Speedy sudah termasuk di dalamnya.

Sebelum menuju loket pembayaran telepon, ada baiknya menyiapkan uang yang sesuai dengan jumlah tagihan. Untuk mengetahui jumlah tagihan maka dapat dilakukan dengan melakukan call ke 109 dari telepon rumah atau Flexi. Bila dari handphone, maka ditambah dengan nomor kode area, contoh 031109.

Proses Billing yang dilakukan Telkom biasanya dilakukan dari tanggal 1 sampai 5 pada bulan depannya (Bulan N+1), sehingga pemakaian Telepon dan Speedy pada pemakaian bulan ini (bulan N) bisa dibayar pada bulan depan (bulan N+1) mulai tanggal 6.

Panduan Pembayaran Denda

  • Pemakaian pada bulan N, maka pembayaran baru dapat dilaksanakan pada tanggal 6 bulan depan (Bulan N+1) sampai tanggal 20, tidak kena denda.
  • Pembayaran mulai tanggal 21 hingga akhir bulan akan kena Denda 5 % atau jika tagihan kurang dari 100 Ribu, maka dendanya 5 Ribu. Pada saat ini telepon sudah di isolir Out Going, sehingga telepon tidak bisa dipakai keluar.
  • Mulai tanggal 1 bulan N+2 , telepon akan diisolir total, dan Speedy juga akan diisolir. Pembayaran pada tanggal 1 bulan N+2 sampai tanggal 31 akan kena denda 10% atau minimal 10 ribu.
  • Mulai tanggal 1 bulan N+3, telepon dan Speedy tagihannya akan di overide, nol, tidak ada, namun pemakaian bulan N tetap harus bayar, pembayaran/pelunasan yang dilakukan pada bulan N+3 akan dikenai denda 15% atau minimal 15 ribu.
  • Setelah N+4 maka pelanggan tidak berhak lagi atas jaringan telepon dan Speedy nya, tetapi masih berkewajiban melunasi hutang/tunggakannya. Pada kondisi ini, jika ada pelanggan lain di sekitar tempat tersebut yang perlu jaringan untuk pasang baru, maka Telkom bisa mencabut jaringan telepon yang menunggak tersebut untuk melayani pasang baru.

Intinya, bersiaplah membayar mulai tanggal 6 sampai 20 bulan depannya. Selain datang ke loket plaza telkom, pembayaran Telkom telepon Speedy juga bisa dilakukan di ATM bank, loket Indomart, Alfamart, juga loket Pegadaian.

Keluhan Layanan Telpon dan Speedy
Jika rusak, dan lapor ke 147 seharusnya akan ada history-nya. Dan jika gangguan lebih dari 3 hari, maka akan ada kompensasi SLG, dan ini bisa di klaim tagihannya di Plasa Telkom.

Anomali System
Semua pelanggan Speedy yang belum membayar tagihan sampai tanggal 30/31 akhir bulan, maka Speedy akan otomatis isolir pada hari berikutnya. Tetapi jika ternyata pelanggan tidak terisolir, maka itu berarti ada anomali sistem yang mengakibatkan Fraud.

Cara Mengatasi Isolir Tunggakan Sambungan Telepon dan Speedy
Memang terkadang kalau kita menempati sebuah ruko/kios/stand di lokasi Mall atau pasar atau pertokoan, fasilitas teleponnya sudah di bundling oleh pemilik/pengelola lokasi dengan nama perusahaan. Jadi pada saat penyewa mendaftar Speedy, maka teleponnya atas nama pemilik tempat. Jika mau cabut sambungan, maka lapor ke Telkom, bukan langsung pergi begitu saja meninggalkan tunggakan. Karena sering terjadi, penghuni lama langsung tinggal pergi begitu saja, nanti yang repot adalah penghuni yang baru. Karena ketika mau pasang speedy dia akan dikenai beban tunggakan.

Solusi Tidak Bisa Daftar Telepon dan Speedy
Solusi paling tepat bila tidak bisa daftar saluran telepon/speedy akibat terkena tunggakan telpon adalah dengan minta migrasi dari Speedy Reguler ke SPIN (SPeedy INstan), produk ini tidak ada abonemennya, karena untuk bisa pakai speedy harus beli kartu/voucher SPIN. Untuk diketahui, tagihan Speedy tidak akan muncul setelah tunggakan 2 bulan. Urutannya, pada saat menunggak 1 bulan, maka Speedy akan terisolir, jadi bulan kedua tidak ada pemakaian, maka tagihan bulan selanjutnya tidak ada (overide).

referensi: speedy palu

8 Comments
  1. Reply
    sugiyanto 28 November 2014 at 22:36

    Minta tolong di bukakan saluran telkom speedy saya yang terisolir, mengingat saya sudah melunasi tagihan untuk no tagihan : 411A
    No Speedy : 152742201574
    Terima kasih atas kerja samanya, saya tunggu kabar baiknya

  2. Reply
    mia 1 Januari 2015 at 13:14

    Jika semisal saya bayar di tanggal 2 desember 2014.. maka pada tanggal berapa kedepannya speedy saya akan terisolir jika belum bayar?

    • Reply
      Amin Gie 23 Januari 2015 at 12:26

      Sepanjang yang saya tahu, Speedy itu memiliki deadline tanggal 20 dan 30/31.
      Artinya bila bayar tagihan Telkom Speed lewat tanggal 20, maka akan kena denda.

      Nah, bila terakhir bayar tanggal 2 Desember 2014, itu artinya untuk membayar tagihan pemakaian selama bulan November. Sehingga bila 2 Desember 2014 adalah tanggal terakhir bayar, maka akses internet Speedy akan terisolir sejak tanggal 1 Maret 2015.

      Semoga dapat membantu.

  3. Reply
    dika 4 Februari 2015 at 09:08

    sepanjang pengalaman saya menjadi pelanggan telkom baik telp rumah atau speedy yg telat terus. 3 bulan terakhir ini telkom isolir pelanggannya pada tgl 28 setiap bulan kalo speedy, dan tgl 20 kalau telp rumah.
    mengenai isolirnya speedy, dulu kalo isolir tidak bisa digunakan sama sekali internetnya, tp skrg masih bisa digunakan internet tapi hanya untuk internet banking..
    pembayaran jika telah lewat tgl 4 bulan berikutnya / bulan ke 3, akan ada dobel tagihan utk bulan ke 1 dan 2,

  4. Reply
    dean 20 Februari 2015 at 08:26

    apabila sudah membuat laporan isolir, modem harus langsung dimatikan? ini saya sudah buat laporan, tapi internet masih bisa jalan ya

  5. Reply
    agan 1 Maret 2015 at 09:34

    KACAW…..Untuk membuka layanan speedy pelanggan yang terisolir yang saya alami saat itu masih harus dilakukan manual. Hari gini masih manual.. Transaksi komunikasi informasi bisa kacau karena ini.
    Memprogram otomatis Untuk re-aktifasi sambungan internet yg terisolir aja harus pakai operator.. Sedangkan pelanggan speedy ada jutaan.. Maksudnya sih nyari untung aman, ngerjain org2 yang garapannya ga jelas karena perintah pimpinan yang bodoh ga mau rugi.. Tapi malah suka merugikan banyak orang. Nah kaya gini nih yang biasanya terserang bencana dadakan

  6. Reply
    sameid 27 Maret 2015 at 10:32

    permisi,
    saya berencana mau pasang wifi speedy di ruko kontrakan saya yg baru, tapi setelah saya tanya kepada pemilik ruko, penghuni sebelum saya pernah pasang speedy juga dan ditinggal begitu saja. apakah ketika saya ingin mengajukan pemasangan speedy baru saya akan dikenakan denda penghuni sebelumnya? jika terkena denda penghuni sebelumnya, lalu bagaimana solusinya agar saya bisa pasang speedy tanpa bayar denda?

    terimakasih

    • Reply
      Amin Gie 27 Maret 2015 at 14:15

      Kalau pengalaman saya waktu dua tahun yang lalu, iya, kena denda. Kita diwajibkan bayar denda penghuni sebelumnya.

      Solusi yg pernah saya ambil adalah menunggu masa promo. Nanti minta pasang ke sales nya. Bebas denda.

Leave a reply